Marching Band Suara Smansa Manggala Dara berdiri pada tanggal 9 Agustus 1993 sehari setelah HUT SMA Negeri 1 Denpasar yang ke-33. gagasan ini disetujui juga oleh gubernur Bali yang ada pada saat itu, Ida Bagus Oka dengan memberikan dana sebesar 50 juta rupiah.

Marching Band Suara Smansa Manggala Dara didirikan atas gagasan Bapak Ida Bagus Anom yang saat itu menjabat sebagai kepala sekolah SMA Negeri 1 Denpasar sekaligus yang mengesahkan Marching Band Suara Smansa Manggala Dara. Lambang Marching Band Suara Smansa Manggala Dara dibuat oleh pembina pertama di Marching Band Suara Smansa Manggala Dara, yaitu Bapak Jaya Kusuma.

Marching Band Suara Smansa Manggala Dara merupakan salah satu ekstrakurikuler besar yang terbukti telah berprestasi dan mengharumkan nama almamaternya SMA Negeri 1 Denpasar dengan prestasinya.

Marching Band Suara Smansa Manggala Dara merupakan suatu wadah kegiatan yang mencakup bidang seni, olahraga, dan fisik. Selain itu, Marching Band Suara Smansa Manggala Dara merupakan suatu organisasi yang mengutamakan kedisiplinan dalam pelaksanaannya, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan, serta bertujuan untuk dapat mensosialisasikan diri untuk terjun dalam hidup bermasyarakat.